Pertanyaan tersebut sangat sering ditanyakan kepada saya baik di tempat praktik maupun saat bertugas di rumah sakit. Terus terang saya sering kebingungan bagaimana memberi jawaban dan tips yang benar-benar lengkap di saat saya tidak punya banyak waktu karena saya harus melayani begitu banyak pasien yang lain.

Masalah susah hamil ini bukanlah masalah kecil yang bisa diselesaikan dengan gampang. Saya harus memberikan banyak tips secara lengkap agar semuanya jelas. Bila waktunya singkat seperti di tempat praktik atau rumah sakit, saya kesulitan memberikan penjelasan yang lengkap.

Dari kendala inilah timbul ide saya untuk menulis sebuah buku yang mengupas tuntas tentang masalah ketidaksuburan ini. Dengan merangkum semua informasi dan tips dalam satu buku, pasien-pasien saya bisa lebih mengerti apa-apa saja yang sebaiknya dilakukan agar bisa segera hamil. Walaupun kesibukan saya cukup padat, saya mulai menyempatkan diri untuk menulis buku ini di awal tahun 2011.

Pada bulan Agustus 2011, buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil ini resmi diterbitkan oleh penerbitan online Digi Pustaka dan hingga saat ini sudah naik cetak sebanyak 10 kali. Sejak buku saya diterbitkan, saya telah menolong RIBUAN pasangan suami istri di seluruh Indonesia dan bahkan pasangan suami istri asal Indonesia yang bermukim di Australia, Malaysia, Singapura dan Hong Kong.

Syukur alhamdulillah sudah banyak sekali Ibu yang berhasil hamil setelah membaca dan mengikuti semua petunjuk dari buku saya. Beberapa ibu bahkan berkenan untuk berbagi kisah sukses hamilnya di sini. Saya sangat bersyukur atas keberhasilan mereka dan berterima kasih atas dukungan yang diberikan kepada saya.

cara cepat hamil

Cara Cepat Hamil

Senin, 28 November 2016

INILAH PANTANGAN IBU HAMIL DI TRIMESTER 1, 2 DAN 3


Untuk alasan kesehatan calon ibu maupun kesehatan calon bayi yang masih ada dalam kandungan, maka ada beberapa pantangan ibu hamil yang sebaiknya tidak dilakukan atau tidak boleh terjadi selama trimester 1, trimester 2 dan trimester 3. Jika ibu hamil dapat menjaga diri atau pun menjaga kehamilannya dari beberapa hal berikut ini, maka Insya Allah kondisi calon ibu maupun calon bayi akan tetap sehat sampai saatnya melahirkan nanti.

Berikut penjelasan singkatnya :

PANTANGAN IBU HAMIL DI TRIMESTER 1

  1. Ibu hamil jangan sampai terjatuh atau terbentur karena bisa mengakibatkan keguguran.
  2. Jangan melakukan aktifitas fisik berlebihan, misalnya olahraga berat, seperti lari, aerobik high impact atau angkat beban.
  3. Jangan melakukan perjalanan jauh untuk sementara waktu, termasuk melakukan perjalanan udara. Sebagaimana diketahui pada usia kehamilan 1 – 3 bulan, ibu hamil masih membutuhkan kekuatan maksimal untuk mensuplai semua hal yang penting bagi pertumbuhan janin. Kecapekan akibat perjalanan jauh dapat membuat suplai nutrisi, energi, hingga oksigen ke calon bayi terhambat.
  4. Ibu hamil pantang minum obat ataupun jamu diluar pengawasan dokter. Bayi dalam kandungan sangat rentan terhadap pengaruh obat-obatan yang bersifat teratogen (zat kimia yang dapat menimbulkan kelainan perkembangan pada janin).
  5. Ibu hamil pantang menggunakan pakaian yang ketat dan kaku. Pakaian longgar atau elastis merupakan pilihan yang lebih baik karena tidak akan mengganggu perkembangan janin. Sama halnya dengan bra, kenakanlah bra yang nyaman.
  6. Jangan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas sebab bisa membuat ketidaknyamanan pada ibu hamil.
  7. Hubungan suami istri tetap boleh dilakukan namun perlu secara hati-hati. Dan jika dokter melarang atau menurut pertimbangan medis hubungan intim dapat membahayakan ibu ataupun janin, maka segera patuhi.

PANTANGAN IBU HAMIL DI TRIMESTER 2 DAN TRIMESTER 3

pantangan ibu hamilPada trimester 2, kondisi kehamilan sudah relatif lebih stabil dan aman. Walau demikian ibu hamil tetap wajib menjaga kandungannya dari hal-hal yang dapat menyebabkan keguguran, seperti menghindari stres, tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat dan tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan cedera.

Sedangkan pada trimester ke-3, yang sering menjadi kekhawatiran adalah tentang peningkatan berat badan ibu yang terlalu cepat atau sebaliknya terlalu lambat. Pada trimester ini ada beberapa pantangan ibu hamil yang berkaitan dengan pola makan. Misalnya, kurangilah makanan yang banyak mengandung garam, karena garam berpotensi meningkatkan tensi darah dan protein pada urin. Juga jaga agar peningkatan BB tidak lebih dari 2 kg dalam sebulan untuk menghindari keracunan kehamilan (preeklamsia).

Tingkatkan asupan buah-buahan dan sayur yang bermanfaat bagi janin dan air ketuban. Makanan bergizi seperti itu juga baik untuk memperlancar BAB dan menghindari sembelit yang biasa dialami ibu hamil trimester 3. Cukupi kebutuhan minum dengan mengonsumi cairan 8 gelas sehari. Tak perlu khawatir jika jadi sering BAK, karena pada usia kehamilan tersebut meningkatkan keinginan untuk BAK adalah wajar. Yang penting, jika ingin BAK makan jangan sampai ditahan karena bisa menyebabkan infeksi saluran kencing.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan sampai perut ibu terbentur atau ibu terjatuh. Ini penting diperhatikan karena di kehamilan tua, perut akan semakin membuncit dan membuat gerakan ibu semakin terbatas.

Jangan lupa, perhatikan kesehatan organ intim dengan sebaik-baiknya karena akan menjadi bagian penting saat melahirkan nanti. Biasanya, ibu hamil rentan menderita keputihan. Untuk mencegah keputihan, upayakan organ intim selalu bersih dan tidak lembab. Ganti celana dalam secara rutin. Lebih sering lebih baik.

Itulah beberapa pantangan ibu hamil pada trimester 1, trimester 2, dan trimenter 3. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://info-kesehatan.net


http://panduanuntukhamil.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar